Cara Scan Virus Online

# Bagaimana cara scan virus online tanpa perlu install software? Begini caranya.

Cara Scan Virus Online – Prolog

Saat ini penggunaan internet menjadi salah satu hal yang sangat penting. Internet tidak hanya dijadikan sebagai media untuk mencari informasi, tapi juga dijadikan sebagai salah satu media penyimpanan data yang dirasa cukup handal. Konsep teknologi Cloud Computing yang sekarang marak diperbincangkan pun hadir karena  didorong oleh kemajuan penggunaan internet itu sendiri, dimana data-data milik perorangan atau perusahaan di simpan secara online dengan mekanisme khusus sehingga dapat tersimpan secara aman. Tidak hanya pada teknologi Cloud Computing, kemajuan yang lain pun terlihat dari meningkatnya penggunaan internet itu sendiri yang harus didukung dengan tingkat keamanan yang meningkat pula. Hal inilah yang melatarbelakangi  sebagai besar pengembang anti virus membidik ranah lain yang tidak terpikirkan sebelumnya, yaitu mengembangkan anti virus berbasis online.

Anti virus online dikembangkan oleh sebagai besar perusahaan-perusahaan yang telah lama bergerak dalam pengembangan antivirus desktop, yang dapat Anda gunakan secara offline. Anti virus online ini menggunakan sistem kerja yang hampir sama dengan anti virus pada umumnya, hanya saja anti virus online tidak tersimpan/ terpasang pada sistem komputer Anda, namun berada pada server di internet. Proses scanning virus yang biasa dilakukan pada antivirus desktop pun dapat dilakukan antivirus online ini dengan sangat baik dan memiliki tingkat akurasi pemindaian  (scanning) yang sama baiknya dengan anti virus biasa.

Mengapa Memakai Cara Scan Virus Online?

Dengan menggunakan anti virus online, Anda dapat melakukan proses pemindaian (scanning) komputer dari adanya virus yang mungkin menjangkiti komputer yang digunakan. Tidak hanya virus yang dapat ditanggulangi, tapi juga program atau aplikasi lainnya yang cukup berbahaya lainnya seperti malware, worm, rootkit, dll. Anda tidak perlu repot untuk melakukan proses instalasi seperti sebelumnya, karena Anda hanya perlu terhubung ke internet dan langsung lakukan proses scanning. Mudah bukan?

Berikut ini Kami rekomendasikan beberapa situs penyedia anti virus online, yang sebetulnya adalah ‘jawara-jawara’ pada bidang pengembangan anti virus desktop yang sudah terkenal bagi pengguna komputer dan telah diakui kehandalannya terutama untuk menangkal virus pada saat online. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa untuk menggunakan aplikasi yang anti virus online ini, Anda akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk scanning dan healing, terutama jika Anda menggunakan koneksi internet dengan bandwidth dan kecepatan terbatas. Waktu yang dibutuhkan untuk scanning berbanding lurus dengan banyaknya data pada drive yang Anda pilih untuk di-scan.

Situs Untuk Melakukan Cara Scan Virus Online

Berikut beberapa situs anti virus online yang dapat digunakan untuk melakukan proses pemindaian langsung pada komputer Anda, antara lain :

Salah satu tempat yang paling populer dan bisa diandalkan untuk melakukan scan virus secara online adalah VirusTotal. Website ini menyediakan layanan untuk melakukan scan langsung dari komputer Anda dengan menggunakan berbagai software anti virus. Layanan ini bersifat free dan sangat bermanfaat. Ukuran file maksimum yang bisa Anda upload adalah 20 MegaBytes.

Cara Scan Virus Online via VirusTotal

Tempat lainnya yang dapat Anda pakai untuk scan virus online Anda adalah VirScan.org. Website yang kedua ini, walau tidak seterkenal VirusTotal tapi juga sangat bisa diandalkan. Terakhir kami cek, ada sekitar 36 software anti virus berbeda yang akan dipergunakan untuk mengecek file yang Anda upload. Sangat menarik dan sangat aman bukan?
Sama seperti VirusTotal, VirScan juga mendukung upload file hingga sebesar 20 MB. Kelebihan lainnya adalah, VirScan dapat mengecek file yang berformat ZIP dan format RAR sekaligus.
Scanning Virus Online dengan VirScan
Tempat lainnya yang bisa Anda pakai untuk mengecek apakah sebuah file terinfeksi virus/spyware/malware secara online adalah Jotti. Situs ini termasuk yang paling sederhana dibandingkan dengan situs deteksi infeksi virus online yang lainnya. Akan tetapi, bukan berarti karena sederhana membuat Jotti menjadi “kurang bergigi”.  Jotti tetap merubakan sebuah “laboratorium” online yang dapat diandalkan untuk mengatasi masalah Anda.
Jotti Online Virus Check

Cara scan viBerikutnya, yang lumayan dapat diandalkan, adalah Panda Security Online Scan. Layanan ini disediakan secara resmi oleh salah satu perusahaan pembuat anti virus terkenal, Panda Antivirus. Anda dapat memilih moda Quick Scan atau Full Scan untuk mengecek ada tidaknya virus di komputer Anda. Setelah Anda mengklik tombol “Scan Now”, proses scanning akan berjalan secara otomatis.
Panda Security ActiveScan Online Virus Check

Cara scan virus online yang terakhir di artikel ini, namun bukan berarti yang paling “tidak mutakhir”, Anda juga dapat memakai BitDefender QuickScan. Sama seperti Panda Security ActiveScan, website ini juga dibuat oleh salah satu perusahaan antivirus besar, BitDefender. Anda dapat melakukan online scan pada komputer Anda dengan memakai layanan ini. Gratis, sama seperti yang lainnya.

BitDefender QuickScan Online

Situs Mana Yang Paling Dapat Diandalkan?

Secara umum semuanya dapat diandalkan, dan semuanya dibackup dengan teknologi pendeteksian virus yang dapat diandalkan. Tapi kami sendiri lebih suka untuk memakai VirusTotal.com, dan kami menyarankan Anda untuk memakai VirusTotal juga untuk pengecekan data Anda. Hanya sekedar saran.

Cara Scan Virus Online – Penutup

Demikian beberapa cara scan virus online yang dapat kami sarankan untuk Anda pakai. Semoga bermanfaat.