Cara Setting Google Public DNS

# Bagaimana cara mengganti DNS ke Google Public DNS? Berikut caranya.

Cara Mengganti DNS Ke Google DNS Public – Prolog

Tahukah Anda, sebagian besar pengguna jaringan internet melakukan proses pencarian DNS hampir setiap hari dengan durasi yang beragam. Proses pencarian ini disadari atau tidak dapat memperlambat kerja Anda dan mengurangi waktu Anda untuk berselancar di internet.  DNS (Domain Name System) merupakan sebuah aplikasi layanan di Internet yang dapat menyimpan seluruh informasi mengenai host name (nama host) dan domain name (nama domain) berupa basis data yang tersebar pada jaringan komputer yang menggunakan protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).  DNS pada umumnya digunakan pada aplikasi yang berhubungan dengan internet, seperti situs web dan email. Fungsi DNS disini adalah untuk membantu melakukan pemetaan host name pada sebuah komputer ke Alamat IP-nya (IP Address).

Nah, belakangan ini Google meluncurkan sebuah DNS Public yang dapat digunakan secara umum. DNS public ini digunakan sebagai penunjang kecepatan browsing di Internet. Google mengeluarkan DNS iniuntuk dapat menanggulangi permasalah kinerja, kecepatan dan keamanan saat berselancar di Internet. Google yang berperan sebagai salah satu aplikasi search engine terbaik, digunakan hampir setiap hari oleh pengguna dengan ribuan hingga ratusan juta pencarian, hal ini lah yang msehingga membutuhkan sebuah DNS yang dapat digunakan secara umum yang juga mampu memudahkan proses pencarian.

Tujuan Pembuatan Google Public DNS

Adapun tujuan utama dikeluarkannya DNS Public oleh Google adalah sebagai berikut :

  1. Mampu memberikan pelayanan bagi pengguna internet dengan menyediakan alternatif untuk DNS yang mereka gunakan. Google DNS Public dipercaya dapat memberikan hasil pencarian yang lebih valid dan relevan, mampu menjaga keamanan pencarian dan data, serta dapat menghasilkan kinerja kerja yang lebih baik.
  2. Google berharap dengan penggunaan DNS Public ini, pengguna dapat menghemat beban pada server ISP. Dengan menggunakan layanan global pada Google Service Center dan infrastruktur Cache diharapkan Google dapat melayani hampir seluruh permintaan yang diterima dari pengguna.
  3. Membantu proses load sebuah situs web menjadi lebih cepat dari sebelumnya dan jauh lebih aman.
  4. Dapat meningkatkan pengalaman berselancar di Internet.

Pada kesempatan kali ini Kami akan memberitahukan Anda mengenai  langkah-langkah praktis untuk mengganti DNS. Perlu Anda ketahuai, saat ini terdapat dua DNS Serveice yang dapat digunakan secara gratis, yaitu OpenDNS dan Google DNS Public. Yang saat ini Kami gunakan adalah  Google Public DNS, dengan menggunakan DNS jenis ini kecepatan saat browsing dan loading halaman situs web dapat menjadi lebih baik. Namun, ingat bahwa kecepatan internet yang Anda gunakan saat browsing juga tergantung pada besarnya bandwidth yang Anda miliki. Pada dasarnya Google Public DNS ini hanya akan membantu meningkatkan kecepatan internet dan dapat dijadikan alternatif terbak jika DNS yang biasa Anda gunakan bermasalah.

Langkah Setting Google Public DNS

  • Bukalah control panel pada Windows Anda dengan memilih Start  >>  Control Panel
  • Setelah berada di halaman Control panel  >>  pilih Network and Internet
  • Pada halaman Network adn Internet >> plih Network and Sharing Center
  • Pilih menu Change Adapter Setting
  • Carilah icon Local Area Network atau pada pilihan koneksi internet lain yang sedang Anda gunakan
  • Klik kanan pada salah satu icon >> Pilih Properties
Google Public DNS Properties
  •  Setelah berada di halaman Propertes >> pilih Internet Protocol TCP/ IPV4 >> Klik tombol Properties
Google Public DNS - TCP/IP
  • Pada bagian Use The Following DNS Server Address, terdapat dua menu yaitu Preferred DNS Server dan Alternate DNS Server. DNS yang tersedia pada kedua menu tersebut adalah DNS yang diberikan secara default oleh ISP yang Anda gunakan.Jjadi sebelum menggantinya dengan Google Public DNS , sebaiknya catat terlebih dahulu DNS tersebut sehingga dapat digunakan kembali.
  • Setelah dicatat, ganti DNS dengan Google Public DNS, yaitu :

- Preferred DNS Server = 8.8.8.8
- Alternate DNS Server = 8.8.4.4

Google Public DNS IP Address

Jika Anda menggunakan hardware dan software yang mendukung penggunaan IPv6, anda perlu memasukkan:

- Preferred DNS Server = 2001:4860:4860::8888
- Alternate DNS Server = 2001:4860:4860::8844

  • Klik Ok untuk mengakhiri proses perubahan.
  • Untuk memeriksa apakah DNS Anda telah berubah atau belum, cek melalui DOS Command.
  • Klik Start >> pilih Run>> Ketik CMD >> Klik OK
  • Akan terbuka halaman DOS Command. Pada kursor ketik  ipconfig /flushdns >> Enter
  • Jika DNS yang Anda tuliskan sebelumnya benar maka akan tertulis :

- Windows IP Configuration
- Successfully flushed the DNS Resolver Cache

Cara Setting Google Public DNS – Penutup

Demikian cara untuk mengganti setting dari DNS yang Anda pakai ke Google Public DNS. Mudah bukan? Selamat mencoba.