Cara Setting GPRS IM3

# Bagaimana cara untuk melakukan setting GPRS IM3? Berikut jawabannya.

Cara Setting GPRS IM3 – Prolog

Saat ini berbagai macam merk ponsel telah berlomba untuk menawarkan fitur dukungan terhadap GPRS yang memberikan anda kemudahan dalam mengakses internet melalui telepon genggam anda. Namun anda mungkin menghadapi sebuah kendala dimana provider penyedia jasa komunikasi anda mengharuskan anda mengatur GPRS di ponsel anda agar anda dapat memanfaatkan fitur GPRS ini. Jika anda tengah memiliki masalah seperti itu, anda cocok membaca artikel ini karena dalam artikel ini kami akan memaparkan mengenai langkah-langkah yang dapat anda lakukan guna melakukan mengatur settingan GPRS di ponsel anda. Akan tetapi, pada artikel ini kami khususkan pada setting GPRS IM3.

Sebelum beranjak kepada cara mengatur settingan GPRS di ponsel anda, kita telaah sedikit mengenai GPRS itu sendiri. Tak banyak orang mengetahui arti dari GPRS yang istilahnya sudah lebih populer di masyarakat. Singkatan dari General Pocket Radio System, GPRS merupakan salah satu fitur pentransferan data dari penyedia jasa telekomunikasi yang memungkinkan anda untuk dapat mengakses jaringan internet melalui ponsel tanpa mengharuskan anda terhubung melalui sebuah kabel jaringan ataupun alat piranti keras lainnya.

GPRS merupakan sebuah teknologi baru yang membuat kita dapat untuk melakukan proses kirim dan terima (sending and receiving) data yang lebih cepat ketimbang teknologi sebelumnya, yaitu CSD (Circuit Switch Data). Penggabungan ponsel dengan GPRS menghasilkan sebuah teknologi layanan data yang lebih advanced, yaitu 2.5 G. Sistem GPRS ini biasanya dipergunakan juga dalam melakukan pertukaran data berbentuk paket data yang biasanya dibutuhkan dalam berkirim email, MMS atau data gambar, WAP alias Wireless Application Protocol dan web. Pada beberapa kasus, fitur ini biasanya dapat anda nikmati setelah anda melakukan aktifasi pengaturan GPRS. Sementara pada beberapa provider, anda tidak perlu melakukan aktifasi tapi diharuskan melakukan setting GPRS tertentu pada ponsel anda agar dapat digunakan.

Mengatur settingan GPRS pada ponsel sendiri sebenarnya merupakan langkah yang tidaklah terlalu sulit dan rumit. Malah mengatur settingan GPRS ini terhitung mudah dan sederhana saja. Meskipun demikian, beberapa orang mungkin mengalami kesulitan dalam melakukan setting GPRS sehingga tak aneh jika pada beberapa tabloid dan majalah yang berkaitan dengan ponsel seringkali memberikan tips ataupun informasi mengenai cara yang harus dilakukan dalam melakukan setting GPRS di berbagai macam ponsel yang beredar luas di pasaran saat ini.

Cara Setting GPRS IM3 – Cara Setting

Salah satu provider penyedia jasa telekomunikasi yang mendukung GPRS adalah Indosat IM3. Untuk provider IM3 ini, anda tidak harus melakukan aktifasi GPRS karena fitur ini aktif secara otomatis ketika pertama kali nomor IM3 diaktifkan. Sekarang yang mesti anda lakukan adalah melakukan konfigurasi dan setting pada ponsel anda. Hal ini dilakukan agar anda dapat terhubung ke server GPRS milik IM3. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk melakukan konfigurasi dan setting GPRS IM3 pada ponsel anda. Selamat menyimak.

  • Setting GPRS secara otomatis dapat dilakukan dengan mengirimkan sms ke 3939. Ketik GPRS <spasi> Merk Ponsel <spasi> Tipe Ponsel. Sebagai contoh misal: GPRS Nokia 7650, GPRS Sony Ericsson T68, dan lain sebagainya.
  • Setting GPRS pada ponsel secara manual. Isikan parameter berikut,
Cara Setting GPRS IM3 - Screenshot

Setelah melakukan pengaturan GPRS, anda dapat menikmati akses internet melalui ponsel anda tanpa harus terhubung pada sebuah kabel jaringan ataupun yang lainnya.

Cara Setting GPRS IM3 – Penutup

Demikian cara singkat yang dapat Anda pergunakan untuk melakukan setting GPRS pada kartu berbasis provider selular IM3 yang Anda pakai. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk melakukan setting secara cepat dan tepat.