Cara ShutDown Komputer Lebih Cepat

# Bagaimana cara shutdown komputer lebih cepat?

Cara ShutDown Komputer Lebih Cepat – Prolog

Setiap kali Anda menggunakan computer atau laptop, Anda pasti memiliki tujuan yang sudah muncul di benak Anda untuk memanfaatkan perangkat yang satu ini. Tujuan-tujuan tersebut bisa sangatlah beragam, mungkin  untuk membaca file kuliah, mengerjakan tugas kantor, atau mungkin untuk  mengedit foto, mengarsip-arsipkan file, bermain game, internetan, dan hanya sekedar memainkan beberapa video favorit Anda. Seiring dengan meningkatnya  intensitas penggunaan komputer atau laptop, tidak jarang memunculkan sebuah kebiasaan diantara para pengguna, seperti seringnya menyalakan dan untuk beberapa saat langsung mematikannya dengan cara menekan tombol shutdown komputer.

Ketika Anda menggunakan perangkat komputer/ laptop untuk mengaktifkan beberapa aplikasi yang cukup ringan, dan sesaat kemudian hendak untuk mematikannya, mungkin hal tersebut tidaklah sulit untuk dilakukan dan proses  shutdown komputer dapat dilalui dengan waktu yang relatif sangat singkat. Namun, berbeda halnya jika Anda sedang menggunakan beberapa aplikasi ‘berat’ secara bersamaan seperti penggunaan aplikasi movie editor, Photo Editor, atau aplikasi untuk membuat animasi. Sudah tentu, proses mematikan sistem akan membutuhkan waktu yang cukup lama hingga Anda memastikan komputer atau laptop yang Anda gunakan benar-benar dalam keadaan mati.

Namun, adakah cara lain agar Anda dapat mematikan perangkat komputer/ laptop  dalam waktu yang sangat singkat pada saat menggunakan beberapa aplikasi berat secara bersamaan?

Alternatif Cara ShutDown Komputer Lebih Cepat

Pada kesempatan kali ini Kami akan memberikan beberapa langkah mudah yang dapat Anda ikuti untuk melakukan hal tersebut. Perlu Anda ketahui, bahwa untuk dapat mematikan  / shutdown komputer (laptop) terdapat beberapa cara. Ada cara yang wajar dan tidak wajar.

Cara yang tidak wajar dan cenderung berbahaya adalah dengan cara mencabut kabel power yang terhubung langsung ke sumber listrik, begitupun jika Anda sedang menggunakan perangkat laptop, Anda tinggal mencopot batere yang masih menempel.

Cara Shutdown Komputer Cepat : Cabut Kabel

Cara shutdown komputer ini cenderung brutal, dan sangat beerbahaya, karena pemutusan aliran listrik secara tiba-tiba dapat merusak komponen elektronik yang menyusun perangkat komputer/ laptop Anda. Jelas, cara yang satu ini sama sekali tidak kami rekomendasikan.

Cara lain yang kami anggap wajar (namun harus tetap berhati-hati) adalah dengan menggunakan  tombol shortcut pada keyboard. Anda tidak perlu menggunakan mouse, atau perangkat apapun, cukup dengan menggunakan keyboard Anda saja. Oh yah, sebelum melakukan cara yang satu ini, Kami sarankan Anda untuk tetap berhati-hati. Sama halnya dengan cara yang pertama, menggunakan shortcut seperti ini juga masih dianggap cukup beresiko karena sistem pada komputer atau laptop Anda akan langsung mati.

Ketika akan menggunakan cara shutdown komputer ini, pastikan bahwa Anda akan benar-benar mengakhiri seluruh pekerjaan Anda dan mematikan sistem. Cara ini dapat dilakukan dengan cara menakan tombol Windows (Win) yang diikuti dengan menekan tombol huruf U, dan tekan huruf U untuk kedua kalinya. Sehingga format tombol yang dapat Anda tekan adalah (Win+U+U).

Cara Shutdown Windows Lebih Cepat

Atau dapat juga dilakukan dengan menekan tombol Windows, diikuti dengan menekan huruf U dan tombol Enter (Win+U+Enter).

Cara Shutdown Cepat : Windows + U + Enter

Nah sekarang, Anda sudah mengetahui beberapa langkah cepat yang dapat Anda lakukan untuk mematikan  / shutdown komputer atau laptop Anda tanpa perlu lagi  menunggu lama, kapan computer atau laptop anda akan benar-benar mati. Tapi kembali Kami ingatkan bahwa untuk menggunakan cara-cara tersebut, Anda harus terus berhati-hati karena selain data penting Anda bisa hilang, sistem yang digunakan bisa rusak dan yang paling fatal adalah kerusakah perangkat kerasnya.

Cara ShutDown Komputer Lebih Cepat – Penutup

Demikian beberapa tips dan cara shutdown komputer lebih cepat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.