Cara System Restore Windows XP Dari Command Prompt

# Bagaimana cara menjalankan system restore Windows XP dari Command Prompt? Berikut jawabannya.

Cara System Restore Windows XP Dari Command Prompt – Prolog

System restore merupakan komponen dari beberapa sistem operasi windows yang dapat membantu kita untuk mengembalikan file system, registry key, program yang terinstall, dan sebagainya pada keadaan sebelum sistem komputer mengalami masalah. Mengapa saya katakan “beberapa sistem operasi windows”? karena tidak semua sistem operasi windows yang memiliki system restore, misalkan saja Sistem operasi Microsoft Windows 2000. Tapi pada pembahasan kali ini kita hanya memfokuskan SysRest yang terdapat pada Windows XP.

Dengan adanya system restore (SysRest), maka kita dapat memperbaiki sistem pada windows XP kita yang rusak atau bermasalah. Cara kerja dari SysRest adalah dengan cara menggunakan Restore Point ( menu yang tersedia di system restore). System restore nantinya akan bekerja dan mengembalikan kondisi komputer kepada keadaan semula pada suatu titik. Oleh karena itu, anda harus sering melakukan back up terhadap sistem komputer anda, jika ternyata komputer anda sering mengalami kerusakan. Pada umumnya, Windows XP secara default akan membuat restore point dalam keadaan sebagai berikut :

  • Pada saat kita melakukan instalasi terhadap software yang menggunakan Windows Installer, seperti misalnya Microsoft Visual Studio, dan beberapa program lainnya.
  • Pada saaat fitur Windows Update melakukan instalasi update-an terbaru pada Windows
  • Pada saat kita melakukan instalasi terhadap driver yang tidak memiliki Windows Hardware Quality Labs
  • Ketika kita melakukan permintaan untuk membuat restore point.

Mengakses System Restore via GUI

Jika anda memasuki Windows dengan menggunakan Graphical User Interface (GUI). System restore nantinya dapat anda gunakan dengan pertama memilih Menu Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools -> System Restore.

System Restore GUI Windows XP

Tetapi apabila kerusakan yang terjadi mengakibatkan anda tidak dapat masuk ke sistem Windows XP, maka anda tidak perlu merasa panik akan masalah tersebut. Masalah tersebut dapat teratasi dengan mudah karena kita masih dapat menjalankan system restore melalui interface Command Line dengan Safe Mode dan tanpa perlu masuk ke dalam Windows XP secara normal.

Langkah ini akan memungkinkan Anda untuk menjalankan SysRest dengan mode text, dan tidak perlu dalam mode GUI (jika komputer tidak mendukung). Jika anda pernah mengalami masalah seperti ini dan ingin mengetahui cara mengaksesnya, berikut langkah-langkahnya :

1.  Hal pertama yang harus anda lakukan adalah masuk ke Windows XP safe mode, setelah itu masuk ke command prompt.

2.  Pada Command prompt, ketikkan perintah C:\windows\system32\restore\rstrui.exe lalu tekan Enter.

System Restore Windows XP via Command Prompt

3.  Ikuti perintah yang diberikan untuk melakukan proses restore.

Jika cara di atas masih belum bisa membantu anda dalam memecahkan masalah pada komputer Windows XP anda, mungkin anda harus menginstal ulang komputer Windows XP anda sebagai solusinya.

Info Tambahan – Penyimpanan File System Restore Pada Windows XP

Pada sistem operasi Windows XP, file restore point akan disimpan dalam folder tersembunyi (hidden folder) yang bernama System Volume Information. Cara untuk melihat folder yang termbunyi tersebut cukup mudah. Apabila anda ingin mlihat file atau folder yang tersembunyi, lakukan hal berikut :
  1. Pilih Menu Tools, setelah itu pilih menu “Folder Options…”
  2. Setelah itu maka anda akan melihat sebuah jendela Folder Options, lalu pilih menu View
  3. Lihatlah pada Advanced Settings, setelah itu cari Hidden Files and Folders
  4. Setelah anda melihatnya, checklist pilihan “Show hidden files and folders”
  5. Klik tombol apply, dan setelah itu klik tombol OK.

Setelah anda melakukan cara yang saya sebutkan diatas, maka setelah itu anda akan melihat seluruh file dan folder yang tersembunyi pada komputer anda, tepatnya pada folder :  x:\system volume information\_restore{669D05EC-4DE9-4697-B52D-23364D8D762C} (nomor folder bisa berubah-ubah, ini hanyalah contoh).

Demikian yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga secuil tips terkait system restore pada Windows XP ini bermanfaat.