Cara Men-Tag / Tagging di Facebook

# Bagaimana cara men-tag orang / tagging di facebook? Apakah tagging itu spamming? Ada berapa cara yang bisa dilakukan untuk tagging di facebook? Baca artikel berikut untuk jawabannya.

Cara Tagging di Facebook – Intro

Bagi Anda pengguna situs jejaring sosial alias social networking Facebook, Anda mungkin telah mengetahui salah satu fitur yang dimilikinya yaitu photo tagging. Ya, photo tagging merupakan sebuah fitur di mana Anda dapat menandai (tag) foto dengan nama Anda, atau beberapa nama teman-teman Anda.

Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat berbagi foto secara lebih mudah, dan juga penggunaan fitur ini akan lebih memudahkan dalam mengenali semua orang yang berada pada foto tersebut.

Sebagai contoh, jika Anda telah memposting sebuah foto reuni teman sekolah Anda dulu, maka Anda dapat menandai foto teman-teman Anda yang terdapat pada foto tersebut dengan fitur photo tagging. Dengan begitu, teman Anda dapat mengetahui bahwa dirinya muncul pada foto, dan ia pun berkesempatan untuk menandai teman-teman lain yang juga berada pada foto yang sama.

Pada umumnya, terdapat tiga cara di mana Anda dapat menandai (men-tag) foto teman-teman Anda yang terdapat di dalam situs jejaring sosial Facebook. Apa saja? Anda dapat menyimaknya di bawah ini. Selamat menyimak.

Cara Tagging di Facebook – Alternatif Solusi

Ada beberapa cara tagging di Facebook yang bisa Anda pilih, berikut di antaranya :

Cara pertama: Tag wajah teman yang muncul di dalam foto Facebook

Di dalam sebuah foto, pada umumnya akan terdapat wajah seseorang. Dengan menggunakan fitur photo tagging, Anda dapat memberikan tag secara langsung pada wajah orang tersebut. Syaratnya adalah, tentu saja Anda harus mengenali seseorang yang berada pada foto, dan juga ia harus sudah menjadi teman Anda di dalam Facebook.

Lalu, bagaimana cara Anda melakukannya? Caranya sangatlah mudah. Anda cukup melakukan klik pada wajah teman Anda di dalam foto, dan kemudian pilih namanya dari salah satu daftar teman Anda. Setelah Anda selesai memberikan tag, klik opsi selesai menandai (done tagging), dan teman-teman Anda pun akan berhasil di-tag. Teman-teman yang telah Anda tag akan mendapatkan sebuah notifikasi sehingga dapat mengetahui bahwa dirinya muncul pada foto yang Anda miliki.

Cara kedua: Tag teman Anda di dalam foto secara langsung (meski tidak muncul di dalam foto)

Cara untuk memberikan tag pada teman Anda tidaklah berbeda, hanya saja Anda tidak memberikannya pada wajahnya, namun pada bagian tertentu di dalam foto. Meski tidak ada gambar dirinya di dalam foto tersebut, namun teman Anda tetap dapat mengetahui bahwa dirinya telah ditandai pada foto yang Anda miliki.

Mungkin ide Anda melakukan photo tagging ini adalah agar teman Anda mengetahui foto yang baru saja Anda upload. Selain itu, cara atau metode photo tagging ini juga dapat bermanfaat untuk mempublikasikan sebuah produk atau layanan tertentu. Bahkan, tidak jarang cara ini juga digunakan oleh beberapa online shop untuk mengiklankan barang dagangan mereka. Walau terlihat sederhana, namun cara ini cukup efektif karena Facebook pasti akan memberikan notifikasi setiap kali seseorang di-tag.

Cara Tagging di Facebook - 1Cara Tagging di Facebook - 2

Cara ketiga: Tag teman Anda di dalam kolom status/notes/apps

Saat ini Facebook telah menghadirkan fitur yang relatif baru yaitu mention. Pada dasarnya, fitur ini tidak berbeda dengan fitur tag, hanya saja Anda tidak perlu foto untuk dapat menggunakannya.

Tidak ketinggalan, selain Anda dapat membuat “tag” di dalam kolom status, Anda juga dapat membuat tag di dalam kolom komentar. Seperti yang telah Anda ketahui, secara default akan terdapat kolom komentar pada setiap foto yang telah di-upload. Dari sana, Anda juga dapat membuat tag pada salah satu teman Facebook.

Caranya tidaklah sulit. Anda cukup menekan tombol @ pada keyboard, maka secara otomatis Facebook akan menampilkan sederet daftar semua teman Anda. Selanjutnya, Anda dapat mulai mengetikkan nama salah satu teman, dan memilih teman yang ingin Anda tag. Cukup mudah, bukan?

Cara Tagging di Facebook - 3

Cara Tagging di Facebook – Kesimpulan

Secara garis besar, fitur cara tagging di Facebook bertujuan untuk menandai, menyinggung (mention), atau memberitahu seseorang bahwa dirinya sedang muncul pada sebuah status atau foto.

Dengan begitu, Anda dapat berinteraksi dengan pengguna Facebook lainnya secara lebih mudah dan menyenangkan. Dan asyiknya, jika Anda memiliki usaha online, Anda dapat memanfaatkan fitur photo tagging untuk membantu mempublikasi dan memasarkan produk.

Semoga bermanfaat.