Cara Transfer Data Antar Komputer

# Bagaimana cara untuk melakukan transfer data antar komputer? Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba.

Cara Transfer Data Antar Komputer – Prolog

Proses transfer data merupakan hal yang sering dilakukan oleh seseorang pada saat ini, dan hal tersebut dilakukan untuk dengan berbagai alasan. Ada berabagai macam cara yang dapat anda lakukan jika ingin mentransfer file pada komputer yang berbeda. Berikut merupakan cara yang dapat dilakukan untuk melakukan transfer data ke komputer lain :

Cara Transfer Data Antar Komputer - Menggunakan External Storage Media

Cara yang paling standard adalah mengkopi file tersebut pada eksternal storage (media penyimpanan eksternal) yang kita miliki. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan USB Flash Disk yang anda miliki, atau pun dengan menggunakan CD atau DVD, atau mungkin menggunakan Hard Disk External. Pada saat sekarang ini, hampir setiap orang telah memiliki USB flash disk atau jika tidak dia mungkin memiliki komputer yang memiliki kemampuan untuk melakukan burn terhadap CD atau DVD, atau bahkan dia mungkin memiliki Hard Disk Eksternal. Jika anda memiliki salah satu dintaranya, berarti anda dapat menggunakan media ini untuk melakukan transfer data ke komputer baru.

Cara Transfer Data Antar Komputer - External Media

 

Cara Transfer Data Antar Komputer - LAN Sharing

via LAN SharingMungkin anda akan berpikir bagaimana jika data yang ingin ditransfer mempunyai ukuran yang besar dengan ukuran sekitar 40 GB atau lebih? tentunya data sebesar itu jika dipindahkan menggunakan USB Flash Disk dengan ukuran 2 GB maka akan memakan waktu yang lama, apalagi dengan kecepatan transfer USB Flash Disk yang kecil maka hal itu akan membuat anda harus menunggu lebih lama lagi. Bagi anda yang memiliki komputer baru dan ingin mentransfer file – file penting dari komputer lama pasti menginginkan cara yang lebih praktis dan mudah untuk mentransfer file – file penting tersebut. Untuk mempercepat waktu transfer adalah menggunakan kabel UTP (biasa disebut dengan kabel LAN) yang nantinya akan digunakan untuk memindahkan data tersebut. Kecepatan yang dimiliki kabel LAN itu bervariasi, dari yang cepat pada jaringan kabel dan yang lambat pada jaringan nirkabel.

Hal penting untuk melakukan share file menggunakan kabel UTP adalah pertama kali anda harus mengaktifkan fitur untuk sharing file pada hard drive komputer anda. Jika anda menggunakan sistem operasi Mac OS X, Anda dapat melihat System Preferences – Sharing. Namu jika anda menggunakan sistem operasi Microsoft Windows cara yang harus dilakukan cukup mudah pula. Anda cukup membuka Windows Explorer, setelah itu klik kanan pada salah satu drive yang ingin anda sharing, lalu pilih Properties. Pada tab Sharing, Anda harus mengaktifkan file sharing untuk folder tersebut.

Menggunakan Windows Easy Transfer

Windows Easy Transfer merupakan program untuk melakukan transfer file yang terdapat pada sistem operasi Microsoft Windows yang terbaru yang dimana penggunaannya mengizinkan pertukaran data dan pengaturan melalui 2 komputer yang berbeda.

Windows Easy Transfer

Windows Easy Transfer memungkinkan anda untuk melakukan tranfer file menggunakan salah satu metode berikut :

  1. Transfer file melalui koneksi jaringan
  2. Transfer file melalui perangkat lain, seperti misalnya USB Flash Disk atau Hard Disk Eksternal
  3. Kabel USB Easy Transfer

Beberapa hal penting yang harus anda perhatikan bahwa Windows Easy Transfer dapat melakukan tranfer seperti :

  • File dan folder termasuk foto, musik, video, dokumen, dan pesan email.
  • Akun pengguna (user account) beserta dengan pengaturannya
  • File konfigurasi aplikasi data beserta dengan pengaturannya
  • Beberapa pengaturan konfigurasi windows yang tersimpan didalam registry
  • PENTING : Perlu anda ketahui bahwa aplikasi Windows Easy Transfer tidak mendukung proses transfer dari sistem operasi 32-bit ke sistem operasi 64-bit.

Cara Transfer Data Antar Komputer – Penutup

Demikian beberapa tips untuk melakukan transfer data antar komputer yang dapat kami berikan. Semoga dapat membantu Anda untuk mentransfer data Anda dari komputer lama ke komputer baru dengan lebih mudah. Semoga bermanfaat.