Cara Transfer Data Bluetooth-Komputer

# Bagaimana cara transfer data ke komputer menggunakan Bluetooth? Berikut jawabannya.

Cara Transfer Data Bluetooth ke Komputer – Prolog

Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang digunakan untuk melakukan pertukaran data pada jarak yang dekat  dengan menggunakan transmisi panjang gelombang radio yang pendek  sekitar 2400-2480 MHz dari perangkat tetap dan bergerak, menciptakan jaringan wilayah pribadi (PANs) dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Bluetooth menyediakan cara yang aman untuk menghubungkan dan melakukan pertukaran informasi antara perangkat seperti faks, telepon selular, telepon, laptop, komputer pribadi, printer, penerima sinyal Global Positioning System (GPS), kamera digital, dan konsol permainan video.

Jika anda memiliki data pada sebuah laptop dan anda ingin data tersebut di transfer ke telepon seluler anda, maka hal tersebut dapat dipermudah dengan menggunakan Bluetooth untuk mentranfer data tersebut. Dengan syarat bahwa pengirim dan penerima tentunya memiliki perangkat Bluetooth yang memungkinkan terjadi transfer data tersebut.

Cara Transfer Data Bluetooth ke Komputer – Fitur Keamanan

Bluetooth dirancang dengan dilengkapi berbagai fitur keamanan yang penting, yang membuatnya dapat kita gunakan secara aman. Berbagai fitur yang disediakannya sangat penting dipakai, contohnya antara lain :

  • Data Encryption : yang membuat data terkodekan secara rahasia
  • User Authentification : yang memungkinkan filtering user
  • Fast Frequency Hopping (1600 hops/sec)
  • Pengaturan output power (daya listrik)

Dengan berbagai fitur yang telah dijelaskan tersebut, sejatinya Bluetooth cukup aman dipergunakan. Tetapi suatu teknologi sering memiliki celah yang bisa disusupi, dan ternyata teknologi ini pun bisa di tembus. Tetapi pada artikel kali ini kita tidak akan membahas mengenai kelemahan pada bluetooth.

Daya Jangkau dan Device Yang Disupport

Daya jangkau yang dapat dipergunakan oleh Bluetooth Devices adalah sekitar 10m. Lebih dekat lebih baik, makin jauh maka makin lemah sinyal yang dapat diterima.

Bluetooth Enabled Devices Examples

Device Bluetooth biasanya hadir dalam bentuk perangkat keras dan kadangkala dalam bentuk dongle. Beberapa perangkat yang memiliki teknologi Bluetooth diantaranya: telepon seluler, kamera, personal computer (PC), printer, headset, Personal Digital Assistant (PDA), dan lainnya. Dari aplikasi yang saya sebutkan, beberapa layanan yang dapat diberikan oleh bluetooth antara lain : melakukan transfer file dari ke PC, sinkronisasi file dari PC ke PC ( notebook ke desktop), PC ke telepon seluler, PC ke PDA, headphone + microphone wireless, dan sebagainya.

Cara Mengaktifkan Koneksi Bluetooth

Jika anda ingin menggunakan maka anda harus mengaktifkan bluetooth dengan cara melokasikan icon system tray Bluetooth yang terletak pada bagain bawah screen Windows anda.  kemudian klik kanan pada tombol tersebut dan klik “Enable Bluetooth Radio”. Dan ketika itu maka wireless Bluetooth akan aktif. Anda juga dapat melihat icon Bluetooth berubah menjadi warna biru dan putih untuk mengindikasikan bahwa service tersebut aktif.

Selebihnya juga jangan lupa untuk memastikan bahwa Bluetooth device yang Anda miliki sudah ter-detect oleh Windows. Untuk mengecek apakah device yang Anda miliki sudah terdeteksi, silakan klik kanan pada icon My Computer, lalu pilih menu Properties > Device Manager, dan cek apakah device Bluetooth Anda sudah terbaca di komputer.

Bluetooth Enabled Devices

Setelah anda melakukan langkah-langkah diatas, maka anda dapat menggunakan koneksi Bluetooth untuk mengirimkan file yang ada (dokumen atau foto). Jika anda menggunakan ponsel Nokia, maka caranya pilih dahulu file yang ingin di transer setelah itu tekan “Send via Bluetooth”. List dari penerima Bluetooth akan muncul pada layar telepon seluler anda. Pilih satu nama yang sesuai dengan nama komputer anda. Jika file telah dikirim, maka Windows akan meminta persetujuan anda untuk menerima file atau tidak. File yang dikirim akan disimpan di folder My Documents > Bluetooth > Inbox.

Selanjutnya, sebuah window akan muncul untuk menunjukkan proses dari file yang sedang ditransfer. Setelah anda menerimanya, file tersebut akan dimasukkan kedalam folder yang telah dispesifikasikan.

Cara Transfer Data Bluetooth Komputer – Penutup

Demikian langkah mudah yang perlu Anda lakukan untuk dapat mentransfer data menggunakan Bluetooth dari dan ke komputer ANda. Cukup mudah bukan cara penggunaannya? Selamat mencoba dan semoga berhasil.