Cara Update Bios AMI Dengan AFUDOS

# Bagaimana cara update BIOS?

Cara Update BIOS AMI – Prolog

Komputer merupakan perangkat elektronik yang sangat kompleks di dalamnya terdapat jaringan-jaringan rumit baik yang berbentuk hardware atau perangkat keras maupun software atau perangkat lunak. Perawatan sebuah komputer sangat diperlukan untuk menjaga kondisi komputer agar dapat bekerja secara stabil dan baik. Untuk hardware sebaiknya dibersihkan dan dicek kondisinya setiap beberapa bulan karena komputer yang terlalu lama dipakai akan menjadi kotor dan berdebu, jika hal tersebut terlalu lama didiamkan akan membuat komputer menjadi cepat panas dan bekerja dalam kondisi yang kurang baik yang tentunya akan mempengaruhi kinerja hardware-hardware tertentu, dan lebih buruk lagi beberapa hardware akan rusak serta harus diganti, jika seperti itu Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak. Maka sebelum segalanya menjadi lebih buruk sebaiknya Anda merawat komputer Anda dengan baik.

Selain perawatan terhadap hardware, perawatan terhadap software juga diperlukan. Yang harus Anda lakukan dalam menjaga software komputer Anda diantaranya adalah biasakan untuk meng-scan komputer Anda dengan antivirus yang baik tentunya, mengupdate windows serta software-software komputer, melakukan defragment pada system tools Anda dan membuang file-file yang tidak diperlukan.

Update BIOS Yang Sering Terlupa

Salah satu hal yang sering lupa untuk diperhatikan adalah BIOS dari komputer Anda. Mungkin bagi sebagian orang BIOS adalah bagian yang tidak terlalu penting dan banyak diperhatikan, banyak orang yang tidak memperdulikan BIOS dengan melewatkannya begitu saja, padahal dengan BIOS Anda bisa memonitori keadaan komputer Anda apakah dalam keadaan baik atau buruk. Biasanya BIOS hanya digunakan pada saat awal ketika Anda menginstal sebuah operating system saja, padahal setelah itu Anda bisa memanfaatkan BIOS untuk banyak hal.

Contoh Chip BIOS AMI

BIOS adalah kepanjangan dari Basic Input Output System, BIOSdapat digunakan untuk konfigurasi  dasar komputer Anda seperti tanggal, waktu, hardisk, booting, hardware monitor dan kinerja komputer yang lainnya. Fungsi utama bios adalah memonitori kerja komputer dan memastikan komputer dalam keadaan baik dan siap digunakan, jika Anda menyalakan komputer dan terdapat bunyi-bunyian serta tulisan peringatan pada saat awal Anda menyalakan komputer dapat dipastikan bahwa komputer Anda sedang dalam keadaan tidak baik dan Anda perlu memperbaikinya.

AFUDOS Untuk Melakukan Update BIOS AMI

Untuk menjaga dan merawat BIOS AMI dalam keadaan baik Anda perlu mengupdate BIOS agar menjadi lebih baik, untuk mengupdatenya terdapat beberapa cara tergantung dari merk motherboard yang Anda gunakan. Biasanya sebuah motherboard memilki langkah-langkah tersendiri dalam mengupdate BIOS, Anda bisa mendownload file update-an melalui website motherboard yang Anda gunakan dan selanjutnya Anda bisa mengikuti instruksi yang ada di buku petunjuk motherboard. Cara lainnya adalah Anda dapat mungupdate BIOS lewat DOS. Yang Anda butuhkan adalah file update-an BIOS dan file flashernya yang bernama AFUDOS.

Untuk mendownload AFUDOS, Anda dapat datang ke ami.com/support/amibiossupport, lalu, masukkan type motherboard yang Anda miliki, lalu download aplikasi AFUDOS yang disediakan.

Cara Update BIOS AMI

Langkah Detail Cara Update BIOS AMI – Video

Selanjutnya, untuk cara langkah demi langkah mengunakan AFUDOS, dijelaskan dalam video ini.

Untuk langkah demi langkah dalam versi text, baca keterangan di bawah

Langkah Detail Cara Update BIOS AMI – Text

Selanjutnya langkah-langkah yang perlu Anda lakukan adalah membuat bootable disk yang berisikan file update-an BIOS dan flashernya yaitu AFUDOS. Anda juga bisa menggunakan flashdisk dengan membuat bootable flashdisk dan berisikan file yang sama. Setelah memiliki bootable disk atau bootable flash disk Anda harus merubah boot priority pada BIOS  seperti halnya Anda akan menginstal  OS pada komputer Anda.

Setelah mengubah boot priority restart komputer dan Anda akan masuk ke DOS prompt lalu ketik AFUDOS  nama file BIOS /p /b /n /c dan tunggu hingga prosesnya selesai usahakan agar komputer Anda tidak mati karena jika komputer Anda mati sebelum proses selesai akan merusak chip BIOS Anda, maka disarankan untuk Anda untuk menggunakan UPS.

Cara Update BIOS AMI – Penutup

Sekedar catatan, proses update BIOS ini adalah proses yang penuh resiko karenanya jika Anda ragu, Anda jangan melakukannya sendiri, ada baiknya Anda membawa komputer Anda ke service center dari motherboard yang Anda gunakan dan melakukan update secara aman dan resmi. Maka pilihan ada di tangan Anda, selamat mencoba.