Cara Upload Video ke Youtube

# Bagaimana cara untuk meng-upload video ke Youtube? Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

Cara Upload Video ke Youtube – Prolog

YouTube berdiri pada Februari 2005 dan ketika itu didirikan oleh tiga orang: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Ketiga orang tersebut pernah menjadi karyawan PayPal, sebuah perusahaan yang menyediakan jasa transfer uang melalui internet. Perusahaan Youtube yang memiliki basis di Amerika Serikat ini menggunakan teknologi Adobe Flash Video dan HTML 5 untuk menampilkan berbagai macam konten video, seperti video klip, trailer dari tayangan bioskop, video musik, dan lainnya.

Youtube merupakan sebuah situs web yang sedang populer pada saat ini, dimana pada penggunanya dapat meng-upload, melihat, dan melakukan video sharing. Kemampuan ini adalah sebuah kemampuan yang sangat bermanfaat yang memungkinkan para pengguna Youtube untuk berbagi berbagai konten bermanfaat yang mereka punyai kepada orang lainnya.

Jika anda ingin meng-upload video ke situs Youtube dan bingung cara melakukannya, anda sudah tepat jika membaca artikel ini. Pada artikel kali ini kami akan coba untuk memberikan langkah-langkah kepada anda agar dapat meng-upload situs video tersebut ke Youtube. Agar anda dapat meng-upload video di youtube, terlebih dahulu anda harus memiliki akun di Youtube atau jika anda memiliki akun GMail maka anda dapat menggunakan akun tersebut. Pendaftaran yang dilakukan gratis, dan tanpa memerlukan biaya. Setelah anda melakukan registrasi atau jika anda memiliki akun GMail, maka anda dapat Login ke situs youtube untuk melakukan upload video.

Perhatikan agar waktu mengupload video ke Youtube agar ukuran filenya tidak terlalu besar, karena jika ukuran filenya besar akan susah di upload dan juga susah di download oleh pengguna yang membuka video tersebut, alangkah baiknya jika ukuran video yang di upload tidak melebihi 30 MB. Jika ukurannya lebih besar dari 30 MB, sebaiknya video tersebut dipecah menjadi beberapa bagian, atau diturunkan kualitas gambarnya agar ukuran filenya menjadi lebih kecil, dan juga bisa dengan cara dikurangi waktu untuk durasi (lama tayangnya sebaiknya tidak lebih dari 10 menit).

Cara Upload Video ke Youtube – Langkah Upload

Berikut Cara untuk meng-upload video di Youtube :

  • Buka Browser anda, dan ketikkan www.youtube.com
  • Klik sign in
  • Masukkan akun youtube, atau google account. Ketikkan Userrname dan Password setelah itu klik Sign in
  • Setelah login ke akun youtube anda, maka anda bisa meng-upload video ke youtube.
  • Di bagian pojok kanan atas halaman, klik Upload
Cara Upload Video Ke Youtube
  • Pilih file di komputer yang akan di upload
Cara Upload Video ke Youtube - Select File
  • Tunggu hingga proses upload selesai. Anda juga bisa menambahkan deskripsi tentang video tersebut, dan memberikan tag untuk memudahkan search engine mengenali isi atau tema video anda. Jangan lupa untuk memilih kategori yang sesuai dengan tema file video anda di youtube, lalu klik “save change

  • Untuk mendapatkan link file video youtube anda, maka klik “Embed and Sharing Options

Cara Upload Video ke Youtube – Catatan Penting

Sedikit saran tambahan dari kami, jika anda ingin meng-upload video yang anda miliki ke youtube, maka perhatikan dahulu format video yang ingin di upload. Karena tidak semua format video dapat ditampilkan, berikut merupakan format video yang dapat diupload : .AVI, .MKV, .MOV, .MP4, DivX, .FLV, .ogg dan .ogv, MPEG-4, MPEG, VOB, dan .WMV, 3GP.

Demikian beberapa tips sederhana dari kami untuk panduan bagi Anda yang ingin untuk meng-upload video bermanfaat yang Anda miliki ke Youtube. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda.