Cara Wipe Blackberry (BB)

# Bagaimana cara wipe Blackberry phone yang Anda miliki? Berikut jawabannya.

Cara Wipe Blackberry (BB) – Prolog

Blackberry (BB). Siapa tak kenal dengan ponsel pintar alias smartphone besutan RIM ini. Blackberry di Indonesia sendiri begitu fenomenal. Bagaimana tidak. Smartphone yang memiliki berbagai fitur menarik ini begitu mempesona para pengguna ponsel. Mudah digunakan namun tetap dengan kecanggihannya disertai harga yang relatif terjangkau sesuai dengan fitur yang diberikan.

Nah, jika anda pengguna BB atau anda sekadar seorang yang hobi otak-atik ponsel, anda mungkin pernah mendengar istilah wipe Blackberry. Biasanya istilah ini baru dikenal saat seorang pengguna ponsel BB hendak menjual smartphone miliknya itu.

Cara Wipe Blackberry - BB Series

Istilah wipe Blackberry sendiri merupakan sebuah proses reset ponsel BB agar kembali ke pengaturan awal alias pengaturan standar pabrik yang sering disebut dengan default factory settings. Dengan melakukan wipe BBini, seluruh program dan pengaturan yang pernah terinstall ataupun dibuat dan diubah pada ponsel BB akan terhapus sehingga ponsel Blackberry tersebut akan kembali seperti baru, berada pada kondisi awal saat pertama kali dibeli dalam keadaan gress. Dengan begitu, siapapun yang membeli ponsel Blackberry yang anda jual itu tidak akan dapat mengakses ataupun memanfaatkan berbagai data penting yang ada dalam ponsel Blackberry anda.

Selain karena akan dijual, fungsi dari proses wipe Blackberry sendiri salah satunya adalah membantu anda saat terjadi masalah pada Blackberry anda misalnya saja wipe Blackberry ini sangat bermanfaat saat satu atau lebih program yang diinstall ke dalam Blackberry mengalami masalah sehingga Blackberry anda sering hang. Hal ini tentu sangat menjengkelkan mengingat aktifitas anda tidak dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Wipe Blackberry juga memiliki manfaat lain yakni untuk menghapus data-data yang tersisa pada ponsel Blackberry ketika anda memutuskan untuk membeli ponsel BB second alias bekas. Dengan demikian, anda dapat memperoleh kondisi “baru” dari ponsel Blackberry bekas yang anda beli tadi.

Cara Wipe Blackberry – Langkah Pengerjaan

Nah, setelah panjang lebar membicarakan tentang wipe BB berikut kegunaannya maka sekarang kita akan beralih pada topik utama pembicaraan kita di artikel ini yakni cara wipe BB atau bisa dibilang cara melakukan wipe Blackberry sendiri. Mengapa? Karena anda tidak perlu datang ke tukang servis ataupun ke tempat elektronik untuk melakukan wipe Blackberry. Anda dapat melakukannya sendiri dimanapun kapanpun anda inginkan.

Cara Wipe Blackberry

Cara wipe Blackberry ini tidak sulit, malah cenderung mudah dan sederhana. Percaya atau tidak, silahkan terus simak artikel ini. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan dana untuk membayar jasa tukang servis. Dan yang paling penting, aktifitas ini cukup menantang. Betul kan? Baiklah kalau begitu. Kita mulai bahas mengenai cara wipe BB.

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk wipe BB Anda :

  1. Pada ponsel Blackberry anda, pilih menu Options
  2. Setelah masuk daftar Options, pilih Security Option
  3. Kemudian pilih General Setting
  4. Tekan tombol Blackberry pada keypad ponsel Blackberry anda lalu pilih Wipe

Sesederhana itu dan proses wipe BB sudah selesai. Anda tinggal mengecek hasilnya.

Cara Wipe Blackberry – Penutup & Tips

Sebagai catatan, pastikan anda telah melakukan backup terhadap file-file dalam BB anda berikut nomor-nomor kontak. Mengapa ini penting? Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa proses wipe BB  ini akan menghapus semua data yang tidak benar-benar anda butuhkan di masa mendatang. Kemudian anda akan mendapati ponsel Blackberry anda seolah ia baru saja diservis padahal hanya melakukan langkah sederhana saja. Yang anda dapati sekarang dari sebuah ponsel Blackberry pasca wipe Blackberry adalah sebuah ponsel baru yang pengaturannya sudah default ke pengaturan pabriknya.

Menarik bukan? selamat mencoba dan semoga bermanfaat.