Power Encore : Charger dan Baterai Tambahan iPod

iPod, pernahkah Anda mendengar nama ini? Well, kami yakin pernah.

Saat ini memiliki sebuah iPod bukanlah sebuah hal yang aneh. Ada banyak sekali orang yang memiliki gadget yang satu ini dan memakainya untuk berbagai keperluan, mulai dari mendengarkan rekaman kuliah di kampus, mendengarkan ceramah dari pak ustadz, maupun untuk berbagai keperluan lainnya. iPod yang merupakan sebuah device untuk mendengarkan berbagai rekaman audio yang dikeluarkan oleh Apple ini memang menjadi salah satu gadget yang cukup penting untuk dimiliki para penikmat teknologi.

Kenapa Butuh Charger dan Baterai External iPod?

Salah satu masalah yang dimiliki oleh iPod adalah daya tahan baterainya yang bisa dibilang tidak terlalu lama. Jika Anda mencoba untuk memakainya selama beberapa jam berturut-turut sembari mendengarkan berbagai rekaman audio yang Anda inginkan, hampir bisa dipastikan bahwa gadget iPod Anda akan “tewas” karena kekurangan daya dari baterai yang sudah mulai habis.

Sebenarnya hal ini tidak masalah, jika Anda bukan tipe orang yang mobile alias banyak berpindah tempat, karena Anda cukup menghubungkan kabel power USB yang disediakan di dalam iPod, lalu menancapkannya ke dalam sumber listrik, dan baterai pun akan terisi sendiri. Selanjutnya Anda dapat segera memakai iPod Anda kembali.

Akan tetapi bagaimana kalau ternyata Anda adalah seorang yang bertipe “mobile” dan selalu berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya sehingga kesulitan untuk menemukan sumber listrik? Atau bagaimana jika Anda terpaksa harus pergi ke sebuah tempat terpencil (misal: gunung) yang tidak ada sumber listrik di sana? Nah ini bisa jadi masalah untuk Anda.

Power Encore : Charger dan Baterai External iPod

Nah untuk mengatasi masalah itulah, sebuah perusahaan yang bernama Power Line mengeluarkan produk bernama Music Power Encore untuk membantu para pengguna iPod yang mengalami masalah tersebut. Powerline sendiri merupakan salah satu brand terkenal dalam urusan elektronik, yang banyak berkecimpung di dalam urusan power supply adapter.

Music Power Encore - Baterai dan Charger iPod ExternalPerangkat Music Power Encore ini berfungsi sebagai sebuah baterai sekaligus charger cadangan (tambahan) bagi Anda yang memiliki iPod ataupun perangkat MP3 player lainnya. Device ini dilengkapi dengan dua buah port charger dan juga dengan sebuah baterai dengan tegangan 3.7 volt berjenis Lithium Polymer, yang tentunya cukup handal dan mudah untuk digunakan.

Dual Charge Dengan Music Power Encore

Salah satu hal yang membuat proses charging gadget atau device menjadi agak lama, pada umumnya adalah karena charger yang bersangkutan hanya dapat melakukan proses charging kepada satu device saja. Hal ini membuat proses pengisian baterai menjadi tidak irit waktu, karena harus mengantri.

Sebenarnya Anda bisa mengatasi masalah ini dengan cara yang cukup sederhana, yaitu membeli sebuah charger tambahan. Akan tetapi, tentunya cara ini tidak nyaman karena membuat Anda harus membawa dua charger sekaligus.

Nah, jika Anda memakai charger Music Power Encore yang dikeluarkan oleh Power Line ini, hal tersebut tidak akan terjadi. Kenapa? Karena dengan memakai charger ini Anda dapat melakukan dua proses charging baterai sekaligus. Sangat mengemat waktu.

Jangan khawatir mengenai apakah cara ini aman atau tidak, karena produk ini sudah disertifikasi oleh Energy Star sebagai device yang aman dan hemat energi, jadi tidak perlu risau akan keamanan hal ini.

Bagaimana Cara Penggunaan Music Power Encore?

Bagaimana cara penggunaan device ini? Apakah mudah? Jawabannya, sangat mudah. Kami yakin Anda akan dapat memakai device ini dalam satu-dua kali pemakaian saja.

Yang perlu Anda lakukan pertama kali hanyalah menghubungkan produk ini dengan sumber listrik yang tersedia di rumah Anda. Saat tersambung dengan jaringan listrik di rumah, otomatis dia akan melakukan pengisian baterai. Isilah baterai sampai penuh.

Cek Status Baterai iPod Power EncoreBagaimana cara mengecek status pengisian baterai? Mudah sekali, gunakan indikator yang berada di bagian depan. Di bagian depan alat ini terdapat indikator kapasitas baterai yang dapat Anda tekan. Setelah Anda tekan, maka akan terlihat bagaimana status baterai Power Encore yang Anda miliki. Jika masih merah atau kuning, teruskan mengisi sampai warnanya hijau yang menandakan bahwa baterai sudah terisi cukup banyak (cukup penuh).

Selanjutnya, Anda akan dapat mengisi baterai dari perangkat iPod Anda dengan mudah menggunakan alat ini. Tinggal tancapkan saja kabel yang diberikan, dan baterai dari iPod Anda akan terisi seperti sedang ditancapkan langsung ke sumber listrik.

Baterai Yang Kompatibel Dengan Power Encore

Seperti yang kami jelaskan di atas, bahwa alat ini dapat bekerja dengan baik untuk mengisi baterai pada perangkat audio player iPod yang dikeluarkan oleh Apple Computer.

Akan tetapi berita bagusnya adalah, ternyata tidak hanya baterai iPod yang dapat di-charge oleh perangkat ini. Ada banyak perangkat portable lainnya yang dapat di-charge menggunakan alat ini, seperti iPod mini, iPod shuffle, iPod nano, iPhone, Microsoft Zune, Palm Treo dan Blackberry. Tidak ketinggalan juga gadget lainnya seperti handphone keluaran Nokia, akan tetapi untuk yang terakhir ini (Nokia) mungkin memerlukan kabel power USB khusus.

Intinya, banyak sekali baterai yang bisa dilayani dengan alat ini. Itu artinya,  investasi yang Anda pakai untuk membeli perangkat ini akan menjadi jauh lebih bernilai.