Java Foundation Class – Apa Itu?

# Untuk mempermudah dan mempercepat para programmer untuk membuat berbagai program, para developer Java menyediakan tools Java Foundation Class yang bisa dipakai untuk keperluan tersebut. Tapi, sebenarnya apakah Java Foundation Class itu? Simak artikel berikut untuk informasi lebih lanjut.

Java Foundation Class – Prolog

Terkadang membuat sebuah software menjadi hal yang memusingkan jika kita tidak memiliki berbagai library class yang diperlukan, terutama jika library tersebut memiliki berbagai fungsi krusial yang membuat software kita tidak dapat bekerja dengan baik tanpa menggunakan library class tersebut.

Untungnya, saat ini tersedia banyak sekali koleksi class pemrograman yang tersedia untuk dipakai para pembuat software di mana pun mereka berada. Dengan tersedianya banyak class yang siap pakai tersebut, programmer menjadi tidak serepot sebelumnya. Class-class siap pakai tersebut biasa disebut library atau component.

Para pembuat aplikasi  dapat menggunakan berbagai library yang tersedia secara online untuk kemudian diimport dan dipakai ke dalam software/program yang dibuatnya hanya dalam beberapa langkah mudah.  Dengan menggunakan library komponen software yang reusable tersebut, para programmer cukup menggunakan fungsi-fungsi yang telah didefinisikan sebelumnya di dalam class yang digunakan, dan tidak perlu untuk membuat fungsi/prosedur sendiri yang memakan waktu lama dan seringkali juga tidak sesuai standard. Mulai dari fungsi matematis, tanggal, manipulasi string hingga managemen database tersedia bentuk class-nya.

Java Foundation Class – Konsep

Java Foundation Class - Logo

Salah satu library yang cukup populer untuk masalah ini adalah sebuah produk buatan Java (Sun Microsystems) yang bernama Java Foundation Class (JFC). JFC merupakan sebuah komponen software yang bersifat reusable (dapat digunakan berulang-ulang) yang dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari keperluan operasi dasar saja hingga keperluan pengembangan desain tampilan (GUI / Graphical User Interface) pada software berbasis Java.

JFC pada dasarnya merupakan adalah sebuah komponen GUI yang menambah fungsi dari AWT (Abstract Window Toolkit) yang didesain untuk dipergunakan dalam pemrograman yang menggunakan bahasa Java. Pada pengembangannya, JFC kemudian ditambah dengan berbagai komponen dari JavaBeans, yang seperti kita tahu berasama adalah bagian Java 2 yang dibangun supaya dapa dijalankan di berbagai platform yang berbeda (cross-platform) dan juga dapat dikustomisasi (dimodifikasi sesuai keperluan).

Java Foundation Class - Swing Structure

Java Foundation Class – Penggunaan

Menurut kami, bagi Anda yang berkecimpung di dalam dunia pemrograman, terutama pemrograman berbasis Java, komponen Java Foundation Class ini cukup penting. Terutama bagi Anda yang sangat peduli dengan penggunaan waktu kerja Anda, dan ingin supaya dapat melakukan coding dengan cepat dan lebih terstruktur serta lebih terstandardisasi, JFC layak Anda pakai.

Bagi Anda yang khawatir dengan masalah kompatibilitas dari JFC, kami sarankan supaya tidak khawatir lagi karena JFC ini bersifat portable. Sesuai dengan idealisme yang dimiliki oleh bahasa pemrograman Java, “tulis sekali jalankan di mana pun”, JFC ini pun merupakan sebuah komponen yang dapat berjalan dengan baik pada berbagai platform yang tersedia.

Bagi Anda yang banyak melakukan pemrograman dengan menggunakan interface grafis dari Java (menggunakan AWT), penggunaan JFC dapat membantu Anda mengembangkan program dengan lebih baik lagi. Alasannya adalah karena JFC pada dasarnya merupakan sebuah extensi yang bisa Anda install untuk menambah berbagai fungsi dimiliki oleh AWT.

Java Foundation Class – Kesimpulan

Kesimpulannya, kami menyarankan para programmer Java untuk mencoba memakai JFC ini dalam keseharian mereka. Apa alasannya? Sederhana saja, karena dengan menggunakan JFC ini Anda dapat mengakses berbagai library dari fungsi/prosedur yang telah di sediakan, cukup Anda pakai dan Anda jalankan di software yang sedang  Anda bangun. Ini pada hasilnya akan membuat proses pembuatan program yang Anda lakukan lebih cepat karena sistemnya “tinggal pakai”.

Satu hal yang menarik dari JFC adalah kemampuannya untuk menampilkan berbagai “look and feel” dari aplikasi yang Anda buat. Ingin membuat aplikasi dengan tampilan Windows ataupun Unix (Linux), tidak menjadi masalah yang berarti bagi Java Foundation Class.