Mengembalikan Email Outlook Yang Terhapus

# Artikel kali ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara mengembalikan email yang terhapus dari Microsoft Outlook

Mengembalikan Email Outlook Yang Terhapus – Prolog

Apakah anda Ingin mengembalikan item (email) yang pernah terhapus secara permanen di Outlook? terhapus secara permanen itu seperti apa ya? maksudnya jika ternyata item yang anda hapus tidak mampir terlebih dahulu ke folder ‘Deleted Items’ (folder yang disediakan untuk item-item yang terhapus) atau Jika anda pernah menghapus sebuah email atau item lainnnya dengan cara menekan SHIFT+DELETE atau mungkin melakukan pengosongan folder ‘Deleted Items’ secara tidak sengaja. Yang lebih parah lagi mungkin jika anda tidak memiliki backup file.

Ada beberapa kondisi dimana saat telah dihapus, pesan sulit dipulihkan kembali, yaitu :

-          Jika saat menggunakan Microsoft Outlook anda menggunakan cara ‘Shift+Delete’ untuk menghapus pesan

-          Anda menggunakan Internet Message Access Protocol 4 (IMAP4) client atau tipe client lain dimana pesan yang dihapus tidak di set untuk dipindahkan ke ke folder ‘Deleted Items’ terlebih dahulu.

Nah, jika anda pernah mengalami hal tersebut, maka kami sarankan untuk membaca artikel ini sampai tuntas. Sebagai informasi tambahan, Anda akan mendapatkan hasil terbaik jika file yang terhapus tersebut baru beberapa saat sebelumnya dan akan lebih baik lagi jika anda belum me-restart Outlook anda.

Langkah Mengembalikan Email Outlook Yang Terhapus

Berikut adalah langkah-langkah pemulihan untuk mengembalikan item yang terhapus :

-          Buka Microsoft Outlook

-          Klik ikon ‘Folder List’ (daftar folder) yang terletak di kiri bawah jendela aplikasi, lalu pilih ‘Deleted Items’

-          Pada menu ‘Tools’, pilih ‘Recover Deleted Items’

-          Pilih item-item yang ingin dipulihkan

-          Klik ‘Recover Selected Items’

Mengembalikan Email Terhapus Microsoft Outlook

Ini adalah langkah termudah dan tercepat yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan berbagai item di dalam Microsoft Outlook, termasuk mengembalikan email yang terhapus di dalamnya.

Mengembalikan Email Outlook via Registry

Berikutnya akan dijelaskan mengenai cara memodifikasi registry. Langkah ini juga memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengembalikan item yang terhapus pada Outlook. Yang harus diperhatikan adalah, anda harus berhati-hati dalam melakukan modifikasi registry, karena jika anda salah memodifikasi, komputer anda bisa mendapatkan masalah berarti. Untuk menambahkan perlindungan lebih terhadap data-data anda, lakukan backup registry sebelum anda memodifikasinya. Jika ada masalah pada registry, maka restore registry anda.

Secara default, Fitur ‘Recover Deleted Items’ pada Outlook hanya berlaku untuk folder ‘Deleted Items’ di folder private user. Item-item yang ‘hard deleted’ (sulit dipulihkan) tidak dapat dikembalikan. Sedangkan untuk mengaktifkan fitur ‘Recover Deleted Items’ di folder mail selain folder ‘Deleted Items’ (contohnya, seperti folder Item terkirim, draft, Outbox, Inbox), anda dapat melakukan langkah-langkah berikut :

-          Buka Registry Editor

-          Klik key berikut di registry

  • HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Exchange\Client\Options

-          Pada menu Edit, klik ‘Add Value’, kemudian tambahkan registry value berikut :

  • Value name : DumpsterAlwaysOn
  • Data type : DWORD
  • Value Data : 1

-          Tutup Registry Editor.

Mengembalikan Email Terhapus via Registry

Dalam membuat perubahan registry seperti diatas, Anda bisa memakai komputer administrator atau komputer user. Setelah anda melakukan pengubahan pada registry, kemudian buka Microsoft Outlook lalu tekan pada tombol ‘Deleted Item Recovery’ di menu’Tools’. Nah, sekarang daftar email yang sebelumnya sulit dipulihkan, kini dapat ditampilkan.

Mengembalikan Email Outlook Yang Terhapus di Server

Berbicara soal jaringan, seperti yang telah anda ketahui bahwa saat anda menghapus item dari sebuah folder di mailbox, maka biasanya item tersebut akan dialihkan secara otomatis ke folder ‘Deleted Items’. Kemudian jika anda menginginkan item yang bersangkutan hilang secara permanen, anda tinggal membuka folder ‘Deleted Item’s tersebut dan menghapus kembali item-item yang tidak diinginkan. Fungsionalitas ini tentunya akan sangat berguna untuk anda. Salah satunya yaitu untuk mencegah penghapusan yang dilakukan tanpa disengaja Nah, item-item tersebut dihapus dari folder ‘Deleted Items’, item-item yang tadi ternyata masih bisa dikembalikan keberadaannya jika komputer Exchange Server dikonfigurasikan khusus untuk menyimpan item-item yang terhapus.

Mengembalikan Email Outlook Yang Terhapus – Penutup

Demikian beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan email Microsoft Outlook yang terhapus. Semoga bermanfaat.