Mengembalikan File Yang Telah Dihapus Dari Recycle Bin

# Cara mengembalikan file yang dihapus dari Recycle Bin

Mengembalikan File Yang Telah Dihapus Dari Recycle Bin – Prolog

Mungkin anda adalah tipe orang yang terbiasa membersihkan drive anda dari file-file yang sudah lewat masa pakai. Misalnya, anda yang baru lulus kuliah dan anda memasuki babak baru kehidupan anda yaitu dunia bekerja. Ketika anda kuliah, komputer anda pastinya dipenuhi oleh file-file yang menunjang untuk perkuliahan anda. Terlebih ketika anda menulis skripsi, mungkin anda menghabiskan ber-Giga-Giga memory komputer anda untuk menunjang penulisan skripsi anda. Setelah bekerja anda ingin membuka lembar baru kehidupan anda, melupakan masa lalu dan mengisinya dengan yang baru lalu anda menghapus semua kenangan masa perkuliahan anda. Suatu ketika anda mengerjakan sesuatu yang anda tekuni ketika kuliah dan baru sadar ternyata anda membutuhkan beberapa file yang telah anda hapus. Apa yang harus saya lakukan?! Mungkin anda akan berteriak seperti itu.

Tenang! Semua yang anda hapus dari drive akan masuk ke Recycle Bin yangartinya tempat sampah. Di sini anda akan melihat file-file yang telah anda hapus. Ketika anda klik akan muncul tab General dengan mencetak tebal tombol Restore yang artinya bila anda ingin melihat file anda, anda harus melakukan restore data. Jika anda mengklik restore, file akan kembali ke lokasi drive semula sebelum dihapus. Karena sesungguhnya file hanya mengalami pemindahan direktori sementara pada fitur Recycle Bin ini.

Cara Restore File Recycle Bin

Jika Anda ingin benar-benar membersihkan komputer anda dari file-file yang menurut anda sudah tidak terpakai lagi, lalu anda mengklik kanan kursor anda di lokasi sebelah kiri dan memilih Empty Recycle Bin. Selesai sudah. Tempat sampah anda sudah kosong semua sampah file anda masuk ke tempat pembuangan akhir sampah.

Cara Empty Recycle Bin

Mengembalikan File dari “Empty” Recycle Bin

Tapi jika tiba-tiba anda sadar, ada file yang terbuang bersama sampah lain ketika anda mengosongkan Recycle Bin. Pastinya anda sangat menyesal telah melakukannya, karna anda pikir file tersebut sudah benar-benar lenyap.

Jangan bersedih, kawan! Sebenarnya ada cara yang dapat anda lakukan untuk memungut kembali file anda tetapi tidak akan semudah anda memungutnya ketika masih berada di Recycle Bin.

Sewaktu anda melakukan Empty Recycle bin, File allocation table merubah nama file anda dengan awalan karakter question mark (?). apa yang dimaksud dari perubahan karakter nama file ini? Perubahan ini adalah kode untuk hardisk yang mengartikan bahwa space tempat file ini berasal menerima tindakan overwriting.

Seperti yang disebutkan tadi, memang tidak mudah untuk mencari secara manual di hardisk, anda membutuhkan bantuan untuk mengembalikan file anda yang telah hilang. Bagaimana melakukannya? Caranya adalah dengan memakai perangkat lunak file recovery software.

Untuk memecahkan masalah seperi ini anda bisa memakai softwatre yang berfungsi sebagai file recovery software utility. Atau mungkin anda bisa mencoba program tersohor cuma-cuma, PC Inspector File Recovery.

PC Inspector File Recovery

Click Here to Download Now!

Mungkin file anda bisa kembali ditarik dengan bantuan software ini karena memang tugas perangkat lunak ini adalah mengembalikan file yang disapu di Recycle Bin. Tetapi ada beberapa kemungkinan yang membuat file anda tidak dapat kembali alias tidak berhasil ditarik. Bayangkan saja, seperti layaknya di tempat pembuangan sampah akhir, bisa saja sampah anda sudah berubah bentuk karena tertimbun sampah lain, bisa jadi sampah anda mengalami penguraian dan lain sebagainya. Seperti halnya file anda yang terhapuskan dari Recycle Bin, bisa jadi berkas anda ini sudah mengalami overwriting, dimana selama anda melakukan kegiatan dengan komputer anda, berkas atau file tersebut ditimpa oleh file yang lain.

Untuk menghindari hal seperti ini terjadi, yang harus anda perhatikan dalam membersihkan bin anda adalah lebih teliti dan selektif, liaht-lihatlah kembali file anda sebelum melakukan Empty Recycle Bin. Bilamana file anda sudah terlanjur terbuang dari Recycle Bin, tindakan menggunakan file recovery software baik digunakan tepat sebelum file anda mengalami overwriting, berarti sebelum anda melakukan kegiatan lain-lain di komputer.

Mengembalikan File Yang Telah Dihapus Dari Recycle Bin – Penutup

Demikian penjelasan singkat untuk mengembalikan file yang terhapus (tidak sengaja) atau telah dihapus (sengaja) dari “tong sampah”. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.