Pengertian/Definisi Motherboard Komputer

# Ingin tahu apa sebenarnya pengertian/definisi motherboard? Bagaimana cara kerja motherboard? Artikel kali ini berusaha menjawabnya untuk Anda.

Pengertian/Definisi Motherboard – Prolog

Jika anda memiliki sebuah PC alias sering dikenal dengan istilah komputer, anda pasti pernah mendengar istilah motherboard. Pengertian/definisi motherboard adalah sebagai sebuah “induk” dari seluruh komponen yang ada di dalam suatu device terkomputerisasi tertentu.¬†Motherboard atau yang dalam istilah bahasa Indonesia dikenal dengan istilah papan utama ini merupakan PCB yang ada di dalam sebuah PC atau komputer. Di dalam motherboard sendiri merupakan tempat untuk sebuah CPU (Central Processing Unit), memori komputer, slot ekspansi, drive yang digunakan di PC atau komputer anda, dan perangkan pheripheral lainnya yang saling terhubung.

Terdapat pula pengertian/definisi motherboard lainnya, yakni sebuah papan yang berupa PCB (Printed Circuit Board) utama yang di dalamnya terdapat chip bios, channels dan connector yang menjadi penghubung akses untuk setiap perangkat. Sebagai info saja bahwa motherboard yang dapat ditemukan di pasaran saat ini merupakan motherboard-motherboard yang mengikuti spesifikasi yang ditentukan oleh IBM.

Motherboard alias papan induk dalam istilah bahasa Indonesia ini merupakan komponen yang paling penting atau komputer karena dalam motherboard-lah komponen-komponen dari PC saling terhubung dan disatukan. Bentuk dari motherboard sendiri menyerupai papan sirkuit (PCB) besar yang biasa terdapat pada beberapa barang elektronik. Di motherboard inilah data dapat berlalu-lalang dan tempat terhubungnya semua computer devices. Tugas mother board-lah membuat peralatan tersebut dapat saling terhubung sehingga PC atau komputer anda dapat bekerja dengan baik.

Pengertian/Definisi Motherboard : Motherboard Parts

Pada motherboard terdapat sirkuit yang memiliki fungsi untuk memfasilitasi komunikasi yang terjadi antar semua perangkat yang ada pada komputer anda. Di motherboard pula lah semua komponen yang penting melakukan kinerja untuk saling melakukan fungsinya masing-masing termasuk kinerja yang penting bagi sebuah sistem seperti CPU dan memori.

Pengertian/Definisi Motherboard – Pengelompokkan

Motherboard dikelompokkan ke dalam berbagai kategori berdasarkan bentuk dasar dan ukuran motherboard. Adapun pengelompokkan motherboard dapat anda baca pada daftar berikut,

  • ATX biasanya berukuran 12 inch x 9.6 inch atau sekitar 305 mm x 244 mm
  • Micro ATX biasanya berukuran 9.6 inch x 9.6 inch atau sekitar 244 mm x 244 mm
  • FlexATX biasanya berukuran 9.0 inch x 7.5 inch atau sekitar 229 mm x 191 mm
  • Mini ITX biasanya berukuran 6.7 inch x 6.7 inch atau sekitar 170 mm x 170 mm

Dalam sebuah motherboard terdapat sebuah chipset yang merupakan sirkuit inti pada sebuah motherboard. Pada umumnya produsen chipset dan motherboard berbeda alias masing-masing memiliki produsen tersendiri, bukan berasal dari satu produsen yang sama. Sebagai contoh, Intel tidaklah memproduksi motherboard bersamaan dengan chipset yang mereka produksi. Biasanya mereka membeli merk tertentu dari motherboard untuk digandeng bersamaan dengan chipset yang mereka produksi misalnya membeli motherboard merk Gigabyte, Biostar ataupun ASUS.

Pengertian/Definisi Motherboard – Komponen Utama

Adapun komponen yang terdapat pada sebuah motherboard diantaranya adalah,

  • Power connector merupakan penghubung yang penting yang menghubungkan motherboard dengan power supply.
  • Socket alias slot prosesor. Ada beberapa jenis slot untuk menaruh prosesor Anda. Model awal yang paling pertama muncul adalah ZIF alias Zero Insertion Force yang dikenal dengan nama socket 7 yang memiliki 7 pin. Juga terdapat socket 370 yang mirip dengan socket 7 hanya saja seperti tersirat pada namanya, socket 370 memiliki 370 pin.
  • Memori socket. Terdapat 2 macam socket memori yang ada di pasaran yakni DIMM dan SIMM. Ada pula jenis terbaru yakni Rambu-DRAM tapi belum banyak digunakan.
  • Standby Power LED merupakan sebuah indikator mengenai power pada motherboard. LED akan menyala saat mendeteksi stand by power yang menjadi reminder supaya Anda mematikan power sebelum anda mematikan ataupun menghidupkan komputer anda.
  • Port mouse merupakan sebuah penghubung berwarna hijau dan memiliki 6 buah pin untuk menghubungkan dengan mouse.
  • Port Parallel dan Serial merupakan port yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam fungsi. Pada motherboard bertipe AT, port serial dan parallel tidak menyatu melainkan dihubungkan dengan kabel. Sedangkan pada motherboard dengan tipe ATX, baik port parallel maupun port serial semuanya telah terintegrasi dalam satu motherboard.
  • Port RJ-45 merupakan port yang memiliki 25 buah pin dan berfungsi untuk menghubungkan penghubung Network via sebuah pusat jaringan.
  • Port USB merupakan port yang tersedia untuk menghubungkan motherboard dengan perangkat USB 2.0.
  • Port VGA alias port Video Graphic Adaptor merupakan port yang memiliki 15 buah pin untuk monitor VGA ataupun perangkat VGA lainnya.
  • Keyboard connector yang merupakan sebuah penghubung penting. Terdapat 2 macam penghubung yang menghubungkan keyboard dengan motherboard yakni penghubung serial dan penghubung PS/2. Konektor serial dan atau merupakan tipe AT biasanya berbentuk bulat lebih besar dari model PS/2 dengan 5 buah lubang pin. Sedangkan penghubung PS/2 memiliki 6 buah lubang pin dengan diameter yang lebih kecil dibanding model serial atau model AT.
  • Baterai CMOS yang merupakan baterai yang memiliki fungsi untuk memberikan tenaga kepada motherboard saat mengenali konfigurasi BIOS yang tengah terpasang ketika motherboard tidak mendapat listrik langsung dari power supply.

Pengertian/Definisi Motherboard – Komponen Utama

Demikianlah sedikit penjelasan singkat tentang motherboard yang dapat kami sampaikan. Mudah-mudahan dapat membantu Anda untuk mengenal lebih jauh tentang pengertian/definisi motherboard yang banyak terdapat pada berbagai computerized device.