Secunia – Software Keamanan (Security) Gratis

# Review Secunia : software keamanan (security) komputer gratis

Software Keamanan (Security) Komputer Gratis – Prolog

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melindungi sistem yang berjalan pada  komputer Anda. Misalnya dengan mengaktifkan Firewall  untuk menghalangi penyusup dari luar, mengaktifkan fungsi scanner pada aplikasi  antivirus, antimalware, antispyware untuk memproteksi komputer dari serangan virus-virus berbahaya seperti Trojan, Worm, Rootkit dan lainnya pada OS (Operation System) komputer anda. Namun, walaupun beragam usaha perlindungan telah Anda lakukan, seperti memakai banyak software security, terkadang masih saja terbuka celah bagi virus untuk menyerang sistem komputer Anda.

Ancaman Keamanan (Security) : Virus

Virus menggunakan software-software yang anda pasang pada komputer anda sebagai pintu masuk atau disebut “gateway”. Poin incaran virus adalah celah-celah tertentu pada perangkat lunak yang sudah anda pasang pada komputer seperti Adobe Reader, Flash Player, Firefox, Yahoo Messenger, dan sebagainya untuk memperoleh kendali sistem operasi komputer anda. Maka dari itu, untuk menangkal berbagai macam serangan, Microsoft secara berkala melakukan pembaharuan (update) terhadap sistem operasinya. Namun, sebagai pengguna kadang kala kita merasa malas untuk melakukan update pada  software-software  yang telah terpasang di komputer. Terlebih lagi ketika anda harus memperbaharui  sistem operasi yang sudah jarang digunakan oleh orang lain.

Perlunya Update Software & OS Secara Berkala

Sebetulnya proses update software keamanan/security maupun sistem operasi adalah wajib hukumnya. Memperbaharui software yang terpasang pada komputer anda penting dilakukan untuk  peningkatan kemampuan kerja software tersebut. Misalnya Jika Anda memiliki program atau aplikasi software yang sudah out of date atau sudah tidak lagi dikembagkan oleh pengembangnya, anda harus berhati-hati. Sebaiknya anda meremove software tersebut  itu atau software lain  yang sudah expired, karena dari situlah muncul celah yang dapat ditembus oleh virus. Oleh karena itu seringlah melakukan update, khususnya sistem operasi yang digunakan dan juga software keamanan/security yang digunakan.

Proses update bagi Windows  sendiri akan terasa sangat mudah bila komputer anda terhubung langsung dengan internet. Anda hanya perlu untuk  mengaktifkan fasilitas  automatic updates anda pada Windows Security Center program. Dengan sendirinya komputer anda akan melakukan update-update windows secara otomatis. Tetapi hal ini bisa berbahaya bilamana Windows yang anda pakai ternyata bajakan, anda malah akan mendapat notifikasi peringatan yang bila anda abaikan komputer anda akan diblok oleh Microsoft.

Solusi Update OS & Software Otomatis : Secunia

Jika  komputer tidak terhubung dengan internet maka anda harus mengecek program mana saja yang perlu diperbaharui. Untuk melakukan pengecekan secara manual, mungkin akan menghabiskan waktu Anda, oleh karena itu untuk membantu Anda melakukan proses pengecekan update software yang Anda miliki, gunakanlah  software keamanan Secunia Personal Software Inspector.

Software Keamanan Security : Secunia

Secunia Personal Software Inspector adalah software security/keamanan untuk melacak program atau software yang sudah tidak update yang dapat membuat komputer anda rentan terhadap serangan virus. Secunia Personal Software Inspector ini dapat mengecek kepekaan terhadap virus untuk lebih dari 4.200 aplikasi gratis pada Windows. Software antivirus biasanya tidak dapat mengantisipasi celah-celah yang mungkin menjadi gateway masuknya virus.

Dashboard Software Keamanan (Security) Secunia

Maka dari itu, sebaiknya Anda dapat mengaplikasikan security update yang akan diotomatisasi oleh SPI untuk mengirimkan pesan bilamana terdapat software yang perlu diupdate dan menjaganya tetap aman, hal ini juga dimaksudkan untuk memberikan saran untuk mengatasi celah keamanan/security yang ada.

Cara Memakai Software Keamanan (Security) Secunia

Berikut ini adalah cara kerja software keamanan Secunia :

  • Pertama kali, download software Secunia ini melalui link berikut ini :
Click Here to Download Now!
  • Seusai anda mengunduh dan memasang SPI di komputer anda, software keamanan ini akan melakukan scanning awal pada semua program yang telah dipasang lalu akan memberikan informasi resume software-software yang dicurigai. Proses scanning memerlukan koneksi internet.
  • Scanning awal selesai, lalu Secunia akan memberikan laporan overview hasil pemindaian. Resume semua software atau program diberikan dalam bentuk overview pie, dimana program yang terinstal di komputer anda akan dikategorisasikan berdasarkan tingkat updatetannya serta diikuti dengan link untuk pemecahan masalah. Diantaranya: program yang sudah tidak aman atau perlu diupdate (insecure programs), program yang harus dihapus dan menginstal versi yang terbarunya karna sudah out of date (End-of-Life programs),  program yang tidak jelas update keamanannya (patched programs).
  • Perhatikan semua  notifikasi dan lakukan saran dari software keamanan Secunia Personal Software Inspector ini.

Software Keamanan (Security) Komputer Gratis – Penutup

Demikian sedikit review tentang software keamanan/security gratis : Secunia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.