Tips Mudah Mencetak Foto

# Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencetak foto dengan baik

Tips Mudah Mencetak Foto – Prolog

Perkembangan dunia fotografi saat ini -khususnya ketika fotografi digital hadir- kian memberikan kemudahan bagi para  penggunanya untuk dapat mengabadikan moment-moment bersejarah mereka dengan langkah yang lebih mudah dan hasil yang lebih baik. Fotografi digital ini memungkinkan proses terciptanya sebuah foto/gambar  menjadi lebih sederhana dan cepat. Hal ini pula yang melatarbelakangi meningkatnya jumlah peminat fotografi digital bila dibandingkan dengan  berbasis analog.

Keuntungan Fotografi Digital

Tips Mencetak FotoFotografi digital hadir dengan beragam keuntungan, antara lain Anda dapat dengan mudah melihat, mengedit, memperbanyak dan sekaligus mengunggahnya (upload) pada berbagai macam situs di internet. Anda juga memiliki kebebasan untuk memformat ulang elemen foto, mengatur tingkat ketajaman foto, intensitas cahaya, besarnya  resolusi, dll. Selain itu dengan fotografi digital, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam mencetak hasil foto. Proses mencetak foto dapat dilakukan oleh Anda sendiri di rumah dengan hanya menggunakan printer inkjet biasa  tanpa harus menggunakan proses cuci cetak di studio secara konvensional. Walaupun demikian, Anda tetap membutuhkan beberapa teknik khusus, agar proses mencetak yang Anda lakukan sendiri dapat menghasilkan foto dengan kualitas yang sangat baik.

Beberapa Tips Mudah Mencetak Foto

Berikut ini terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan mencetak foto digital, antara lain :

  • Aturlan tingkat kecerahan (brightness), kontras (contrass) dan warna foto hingga sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Jika foto-foto yang Anda miliki harus diperbaiki, maka editlah sesuai dengan kerusakan yang terdapat didalamnya. Jangan terlalu banyak melakukan proses editing karena akan mengurangi originalitas foto yang sesungguhnya.
  • Aturlah ukuran foto yang akan dicetak. Sesuaikan dengan peruntukannya.
  • Sesuaikan resolusi foto dengan printer yang digunakan. Biasanya foto yang berkualitas baik memiliki resolusi sebesar 300 ppi. Jika Anda menggunakan foto yang berasal dari situs/ web tertentu yang biasanya beresolusi rendah, maka naikkan sedikit resolusinya hingga terlihat lebih tajam. Namun hati-hati karena jika resolusi yang dinaikan terlalu tinggi, maka foto akan memiliki kualitas yang buruk.
  • Selanjutnya, setting printer yang Anda gunakan. Beberapa jenis dan merk printer memiliki format pengaturan yang berbeda-beda. Perhatikan pula  jenis pencetakan yang akan dilakukan, apakah untuk mencetak dokumen, mencetak dupleks, atau untuk mencetak sebuah foto. karena masing-masing pencetakan memiliki kualitas yang berbeda-beda.
  • Gunakan tinta printer terbaik yang cocok untuk  digunakan pada printer Anda untuk mencetak foto. Hindari penggunaan tinta yang ekonomis, dimana hasil warna foto akan sangat sederhana dan kualitasnya pun tidak terlalu baik.
  • Hati-hati saat memilih jenis kertas foto. Tampilan foto saat dilayar monitor akan berbeda saat foto tersebut dicetak. Pencahayaan pada monitor akan membuat foto menjadi lebih cerah dan hidup, namun berbeda halnya saat dicetak melalui kertas. Kertas foto terdiri atas beberapa jenis, seperti Matte / Doff paper, Sublime Paper, Double-Side Paper, fiber matte, Pemium Glossy foto Paper, Inkjet Paper, Canvas Paper, silky paper, dll. Jika Anda menginginkan foto dengan kualitas foto yang terang dan pecahayaan yang sesuai dengan yang ada di monitor, maka gunakanlah kerta foto dengan tipe glossy.

Penguasaan Teknik Untuk Mencetak Foto

Mencetak foto pada dasarnya merupakan pekerjaan yang sangat mudah untuk Anda lakukan sendiri dirumah. Namun hal tersebut tidak akan memberikan hasil yang sesuai dengan yang Anda inginkan, jika dasar-dasar teknik mengambil gambar atau teknik mencetak foto tidak Anda ketahui sebelumnya. Mengetahui lebih teknik dasar dapat memberikan Anda kesempatan untuk dapat mengembangkan teknik-teknik lainnya dengan lebih baik dari sebelumnya.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.